RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah :
MA Sholatiyah
Mata Pelajaran :
Qur'an Hadits
Kelas/Semester :
X / Genap
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (2 x 45
menit)
A.
Standar
Kompetensi:
8. Memahami
sanad dan matan hadits
B.
Kompetensi Dasar
8.1 Menjelaskan
pengertian sanad dan matan
C.
Indikator
Keberhasilan Belajar :
§
Menjelaskan pengertian sanad dan matan menurut bahasa
§
Menjelaskan
pengertian sanad dan matan menurut istilah
§
Membedakan
istilah sanad dan rawi dalam hadis
§
Memberikan contoh sanad, matan dan rawi hadis
D.
Tujuan Pembelajaran
Dengan
melalui penjelasan guru, tanya jawab dan kolaborasi pasangan dengan menggunakan
kartu indeks diharapkan siswa dapat memahami
pengertian sanad dan matan hadits
E.
Materi
Pembelajaran :
§
Pengertian
sanad dan matan menurut bahasa dan istilah
F.
Metode
Pembelajaran
§
Metode : INDEX CARD MATCH (Pencocockan Kartu Indeks)
G.
Langkah
Pembelajaran :
1.
Pendahuluaan
KEGIATAN
|
NILAI KARAKTER
|
WAKTU
|
1.
Mengucap salam, menanyakan kabar
siswa, berdoa & mendoakan siswa/orang tua siswa
yang sakit (jika ada), mengisi daftar hadir
2.
Mendeskripsikan secara singkat materi
yg akan dipelajari
3.
Menyampaikan tujuan pembelajaran
4.
Apersepsi (Bertanya tentang unsur-unsur
hadis)
|
Religius, peduli
taat, patuh
jujur
|
10 menit
|
2.
Kegiatan Inti
KEGIATAN
|
NILAI KARAKTER
|
WAKTU
|
Eksplorasi
§
Guru Menjelaskan inti materi yang akan dibahas
§ Guru Membagikan kartu indeks
yang sudah disiapkan oleh guru
§ Guru menjelaskan kartu yang
dibagikan
|
Jujur
Disiplin, patuh,
ingin tahu
|
10 Menit
|
Elaborasi
§
Siswa diperintahkan oleh guru untuk mencari pasangan sesuai dengan kartu
yang yang dipegang kemudian dicocokkan.
§
Guru memerintahkan tiap pasangan untuk memberikan kuis kepada siswa yang
lain dengan membacakan pertanyaan
|
Berfikir logis,
kerjasama,
Percaya diri,
berani, ingin tahu, tanggung jawab
|
30 Menit
|
Konfirmasi
§ Guru memberi penguatan dan penjelasan-penjelasan kepada siswa
mengenai sanad, matan dan rawi dalam dan menyebutkan beberapa contoh yang
berkaitan
§ Guru bersama-sama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
|
Peduli, ingin tahu,
|
10 Menit
|
3.
Penutup
KEGIATAN
|
NILAI KARAKTER
|
WAKTU
|
1.
Guru memberikan tes formatif tertulis dengan
mengawasi secara ketat agar siswa tidak mencontek
2.
Memeriksa beberapa hasil tes siswa
untuk bahan umpan balik terhadap hasil belajar
3.
Memberi tugas siswa (PR) mencari
artikel di internet terkait dengan unsur-unsur hadis
4.
Menyampaikan umpan balik terhadap
proses belajar dengan memuji siswa yang telah aktif berkontribusi dalam
pembelajaran.
5.
Guru dan siswa membaca doa penutup
bersama dilanjutkan dengan salam
|
Religius, peduli, taat,
patuh
|
30
Menit
|
H.
Sumber
Belajar :
§
Buku
pelajaran Qur’an Hadis untuk Madrasah
Aliyah Prof Dr. H. Moh. Matsna, MA;
§
LKS
§
Kartu-kartu Indeks
§
Referensi
di perpustakaan
§
Internet
I.
Penilaian
NO
|
INDIKATOR
|
TEKNIK
|
BENTUK
|
INSTRUMEN
|
SKOR
|
1
|
Menjelaskan pengertian sanad dan matan
menurut bahasa
|
Tes
|
Essay
|
Jelaskan pengertian
sanad dan matan menurut bahasa!
|
10
|
2
|
Menjelaskan pengertian sanad dan matan menurut istilah
|
Jelaskan pengertian sanad dan matan menurut istilah!
|
15
|
||
3
|
Membedakan istilah sanad dan rawi dalam hadis
|
Apa Perbedaan sanad dan rawi dalam
hadis?
|
15
|
||
4
|
Memberikan contoh sanad,
matan dan rawi hadis
|
Berikan contoh sanad, matan dan rawi hadis!
|
10
|
Arti tingkat Penguasaan : 90 – 100 = baik sekali
80
– 89 = baik
70
– 79 = cukup
<70 =
kurang
Kepandean Petir, 2013
Guru Mata Pelajaran;
HASAN BASRI, S. Pd.I
|